Feriyal

Mengajar di Mts Negeri 4 Surabaya. ...

Selengkapnya

Siapa comblang antara anak dan gadget?

Hari ini sekolah anak saya yang di SMP kelas 1 mengundang kami para walimurid untuk mengikuti seminar parenting sekaligus pengambilan rapot sisipan.

Menghadirkan Dr. Wiwin Hendriani, S. Psi salah satu dosen Fakultas Psikologi Unair sebagai narasumber.

Menarik sekali saat bu Doktor mulai memberikan ilustrasi dengan mengingat masa kecil beliau...saat berusia 5 thn an. Saat ibunya memasak bu Doktor kecil pun ikut memasak di sebelahnya. Dan ibu beliau pun memperlakukan kegiatan tersebut sebagai kegiatan yg penting juga dengan sesekali melihat masakan bu Doktor kecil seolah olah itu adalah masakan betulan.

Sementara yang ada saat ini adalah saat orang tua menakukan suatu pekerjaan rumah dan anaknya ikut ikutan bukannya di biarkan tapi malah "di singkirkan lah" si anak dengan nenggunakan gadget.

Belum lagi saat seorang anak yg belum genap 2 tahun rewel saat orang tua sedang ada tamu dan untuk mendiamkannya dengan memutarkanlah si anak film anak dengan media gadget. Bukan film nya yang salah...tapi usia segitu anak2 lebih di pusatkan pada motoriknya bukan visualnya.

Maka terungkaplah siapa sebenarnya penyebab anak anak zaman now ketagihan gadget. So, tiada gunanya kita mengeluh anak2 susah untuk di jauhkan dari gadget apabila orang tua tidak berubah prilaku nya terlebih dahulu dengan memulai memperbaiki kerusakan yang telah di timbulkan kepada anak anaknya

Tapi bagaimana caranya?

Caranya adalah dengan mengedukasi ulang anak anak tersebut.

Maksudnya?

Yaitu dengan memposisikan diri kita sebagai teman mereka. Kita ajak mereka ngobrol , menceritakan kejadian hari itu , bertanya tentang hal hal yang berhubungan dengan minat mereka atau kegiatan ekstrakurikuler yang mereka ikuti.

Dan jangan lupa untuk "menyingkirkan" segala macam gadget yang kita punya untuk sementara selama kita "ngobrol". Kita harus berkomitmen kalau kita meminta anak untuk meletakkan gadget nya maka kita pun harus meletakkan gadget kita.

Bagi orang tua yang anak anak nya belum sampai ketagihan bisa mulai menjauhkan gadget sedari sekarang. Buat peraturan di rumah tentang penggunaan gadget yang harus di patuhi semua penghuni rumah. Contohnya, tidak boleh membawa gadget di ruang makan, ruang keluarga. Dan saat tidur malam gadget di letakkan di luar kamar (dengan menyeting volume yang keras takutnya kalau ada panggilan darurat)

Surabaya26102018

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali